Fabulous Make Up

Jumat, 21 November 2014

Jenis Jerawat

Adapun jenis-jenis Acne atau jerawat sesuai dengan penyebab terjadinya sumbatan, yaitu :
1. Acne vulgaris, adalah perubahan jumlah dan konsistensi lemak kelenjar akibat pengaruh berbagai faktor penyebab. Seperti: genetik, rasa, hormonal, cuaca, makanan, stres psikis dan lainnya.
2. Acne Venenata disebabkan karena tertutupnya saluran keluar kelenjar sebasea oleh masa eksternal baik dari kosmetik (Acne kosmetik), dari bahan kimia yang mungkin saja berasal dari tempat kerja, di rumah tangga, akibat deterjen dapat disebabkan karena tekanan helm yang sering, atau karena ikatan rambut.
3. Acne fisika terjadi akibat keluar kelenjar sebasea menyempit akibat radiasi sinar ultraviolet, sinar matahari atau sinar radio aktif.
jenis jerawat
4. Jerawat juvenil. Biasanya menyerang remaja usia 14-20 tahun. Penyebab jerawat juvenil adalah masalah hormonal yang belumstabil dalam memproduksi sebum. Kulit wajah dengan menggunakan sabun ber pH seimbang atau sabun bayi transculent.
5. Jerawat Rosacea. Biasanya terjadi pada wanita berusia 30-50 tahun. Kulit yang terkena jeraewat jenis ini perlu pengobatan secara serius pada dokter kulit. Mula-mula jerawat akan tampak kemerahan yang dapat menjadi radang hingga menimbulkan sisik di lipatan hidung. Perawatan kulit yang terkena jerawat rosacea ini biasanya dengan penguapan, kompres air panas atau penyinaran dengan lampu infra merah agar jerawat cepat kering.
6. Jerawat Nitrosica. Jerawat jenis ini termasuk sangat berbahaya karena akan menimbulkan lubang/bopeng. Tahap yang terjadi sudah termasuk tahap akhir yang memerlukan penanganan khusus dari dokter ahli kulit.

Tahap terjadinya jerawat :
1. Penumpukan sel kulit mati
2. Tumpukan sel kulit mati karena bakteri acne
3. Mulai muncul jerawat
4. Jerawat mulai membesar dan berwarna kemerahan disebut popules
5. Bila muncul nanah (pus), jerawat disebut pastules
6. Bila mengandung nanah, lemak dan cairan-cairan lain berarti jerawat sudah berada pada kondisi terparah (cyst)
7. Bila cyst tidak terawat akan muncul bopeng (scar) karena rusaknya jaringan kolagen sampai lapisan dermis. Bopeng tidak dapat diperbaiki secara maksimal. Yang mungkin dapat dilakukan hanyalah mempertebal lapisan kulit sedikit demi sedikit dengan produk yang mengandung asam glikolat (asam buah dari tanaman tebu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar